Kamis, 09 Juni 2011

GERAK

G E R A K

Apakah ini
bergerak..?
Gerak adalah sebuah kata yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contoh kalimat : " mobil itu bergerak dari arah selatan ke arah utara", "Ketika kita berjalan pasti kita disebut bergerak". Nah dalam ilmu Fisika pengertian gerak yah kira-kira sama atau boleh didefinisikan bahwa gerak adalah :
"Suatu momen atau kejadian dimana suatu benda atau apapun yang mengalami perpindahan dari suatu tempat ketempat yang lain". Jadi suatu benda dapat dikatakan bergerak bila dia berubah dari posisi semula dia berada ke posisi saat ini.
Coba anda perhatikan animasi diatas ini !!, Apakah itu dapat dikatakan bergerak dalam ilmu fisika..?, cari jawabannya sendiri yah..hahhahhahaa ( gunakan imajinasi mu. Kalau pusing tanya tuh sama Einstein ).

Dalam dunia Fisika jenis gerak dari suatu benda dapat ditentukan oleh sebuah lintasan yaitu :
  1. Bila suatu benda bergerak dengan lintasannya berupa garis maka dikatakan benda tersebut bergerak lurus (perhatikan animasi 1). Kita anggap A adalah sebuah benda yang bergerak kekanan, sedangkan B bergerak kearah kiri. Maka benda A tersebut dikatakan bernilai positif sedangkan B dikatakan bernilai negatif. Jadi panjang lintasan gerakan A adalah +A sedangkan panjang lintasan B adalah -B.

    Ilustrasi dari Gerakan Lurus.
  2. Bila suatu benda bergerak dengan litasan berbentuk parabola, maka benda tersebut dinamakan gerak Parabolik ( perhatikan animasi 2 ). Benda A bergerak dari arah kiri mengikuti gerakan parabolik maka panjang lintasannya dipengaruhi oleh besarnya sudut ketika pertama kali dia melintas.

    Ilustrasi dari Gerakan Parabolik.
  3. Bila suatu benda bergerak dengan lintasannya berupa lingkaran, maka benda tersebut disebut gerak melingkar ( perhatikan animasi 3 ). Benda A bergerak mengikuti lintasan berupa lingkaran, maka panjang lintasannya dipengaruhi oleh besarnya jari-jari dari suatu lingkaran dimana benda tersebut bergerak.

    Ilustrasi dari Gerakan Melingkar.
Nah sekarang Anda sudah paham mengenai jenis-jenis gerakan, sekarang siapkan diri Anda untuk memahami lebih jauh mengenai pembahasan ini. Anda sudah siap..?, kalau belum matikan dulu komputer Anda dan beristirahatlah lalu bayangkan animasi-animasi yang saya buat dalam pikiran Anda, besok bila ada waktu senggang Anda bisa buka lagi halaman ini. Apa..? Anda sudah siap..!, Hmm.. kalau begitu OK lah mari kita lanjutkan, saya salut atas kegigihan Anda untuk memahami materi ini. Tapi jangan sampai stress yah.., hahhahahahha ( just kidding, don't be mad about it. Look the Scienties in the right, they're never tired for science ).
KECEPATAN dan PERCEPATAN
Apa itu Kecepatan dan apa pula Percepatan.?, Karena kita sedang membicarakan masalah Gerak dalam Fisika, maka Kecepatan dan Percepatan menjadi suatu bagian dalam lingkup Gerak seperti yang telah disinggung diatas. Sebelum lebih jauh saya menjelaskan mengenai Kecepatan dan Percepatan, simak cerita berikut ini terlebih dahulu agar Anda paham, apa Definisi dari Kecepatan dan Percepatan dalam Fisika.
Dihari Minggu yang cerah Anda dan keluarga sedang bersantai sambil menyaksikan acara televisi yang sedang menayangkan acara Pekan Olahraga Nasional, disaat itu kebetulan Anda sedang menyaksikan Perlombaan Balap Lari 100 m. Di televisi Anda melihat beberapa Atlet balap lari dan beberapa wasit yang memimpin jalannya pertandingan tersebut. Seorang wasit dipertandingan tersebut terlihat memegang sebuah benda yang dinamakan STOPWATCH dan seorang wasit lagi terlihat memegang sebuah PISTOL kosong yang diarahkan ke atas sebagai aba-aba jika pistol itu diledakkan maka sang Atlet harus berusaha berlari sekencang mungkin mencapai garis finish yang telah ditentukan. Saat yang dinantikan telah tiba karena sang wasit telah menembakkan pistol kosongnya keudara, Dooor.. maka pada saat itu pula sang Atlet berlarian sekuat tenaga untuk mencapai garis finish. Ditengah persaingan para atlet tersebut ada seorang atlet yang menambah tenaga berlarinya sehingga dia berhasil menyusul beberapa atlet yang tadinya berada didepan dia. Beberapa meter lagi sang atlet tadi hampir saja mencapai garis finish tapi sayang dia tidak beruntung karena atlet yang tadi disusulnya tidak mau kalah, diapun melakukan hal yang sama yaitu menambah tenaga berlarinya dan akhirnya sampailah sang atlet di garis finish. Pada saat salah satu atlet tadi mencapai garis finish, terlihat seorang wasit yang tadi memegang stopwatch menekan benda tersebut lalu melihatnya. Anda tidak melihat berapa waktu yang ada pada stopwatch wasit tadi karena ukurannya kecil, tapi toh biasanya kalau dalam acara yang seperti itu di televisi, Anda bisa melihat ada angka yang terlihat dilayar televisi yang boleh dikatakan sama percis seperti yang dipegang wasit tadi. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah melirik stopwatch yang dipegang wasit tadi karena saya bisa menjamin Anda tidak bakalan bisa melihat apa yang terjadi pada stopwatch yang dipegang wasit tadi.
Bagaimana menurut Anda mengenai cerita diatas ?. Kalau Anda menyimak dengan serius, walaupun ceritanya sedikit tidak serius atau boleh dikatakan sedikit konyol. Anda tentunya sudah mempunyai gambaran apa yang dimaksud dengan Percepatan dan Percepatan. Pada cerita diatas, seorang atlet dan wasit yang menjadi pemeran utamanya menggambarkan ilustrasi dari teori Kecepatan dan Percepatan. Coba simak potongan cerita diatas " Ditengah persaingan para atlet tersebut ada seorang atlet yang menambah tenaga berlarinya sehingga dia berhasil menyusul beberapa atlet yang tadinya berada didepan dia " , atlet ini boleh dikatakan Melakukan Usaha untuk mendapatkan suatu Kecepatan yang dibutuhkan, dan atlet tersebut juga melakukan Percepatan dengan menambah besarnya Usaha. ( Pembahasan mengenai usaha ada pada bab tersendiri )
Sekarang kita beralih ke wasit, simak pula potongan cerita diatas sebagai berikut, " Pada saat salah satu atlet tadi mencapai garis finish, terlihat seorang wasit yang tadi memegang stopwatch menekan benda tersebut lalu melihatnya. " , Apa hubungannya antara wasit dengan teori ini..?, bukan wasitnya tapi benda yang dipegangnya yang berupa alat bantu untuk mengukur Waktu.
Sekarang dapat kita simpulkan bahwa Kecepatan dan Percepatan, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Jarak, arah, dan Waktu. Sehingga kita dapat mendefinisikan bahwa ;
Kecepatan adalah Suatu besaran dalam fisika yang dipengaruhi oleh jarak, waktu yang ditempuh dan mempunyai arah yang nyata.
Percepatan adalah Suatu besaran dalam Fisika yang dipengaruhi oleh besarnya kecepatan dan waktu yang ditempuh. ( Percepatan mempunyai kecepatan yang tidak tetap.)
*) Besaran adalah sesuatu yang bernilai atau yang mempunyai nilai tertentu.
Bila Kecepatan dilambangkan dengan huruf   v  , jarak dilambangkan dengan huruf   s   , dan waktu dilambangkan dengan huruf   t  , sedangkan Percepatan dilambangkan dengan huruf   a  . Maka Kecepatan dan Percepatan dapat dijelaskan dengan persamaan berikut :
...............................(1)
.........(2)
I N T E R M E Z O
Kembali pada cerita. " Seorang atlet diatas yang mengikuti lomba balap lari 100 m, jika pada saat dia menempuh garis finish, stopwacth pada wasit menunjukkan hitungan 3 menit 30 detik. Berapa kecepatan atlet tadi dalam menempuh garis finish..? " Mari kita coba menentukan kecepatan atlet tersebut dengan menggunakan rumus ke 1.

Diketahui :

  • Jarak tempuh untuk mencapai garis finish adalah 100 m.
  • Banyaknya waktu yang ditempuh atlet ketika mencapai garis finish adalah 3 menit 30 detik. bila kita jadikan satuan umumnya adalah detik maka 3 menit 30 detik = ( 3 X 60 ) + 30 = 210 detik.
v = 100 / 210 v = 10 /21 v = 0,8 (dibulatkan)

Maka kecepatan atlet tersebut adalah : 0,8 meter / detik.
Simak lagi cerita diatas (mudah-mudahan.. Anda tidak bosen dengan cerita menjengkelkan ini) " Ketika seorang atlet tadi menyusul atlet yang lain dia melakukan sebuah percepatan. ( Ingat bahwa percepatan adalah kecepatan yang tidak tetap ). Anggap saja Anda mengetahui melalui perhitungan ketika saat dia mendahului atlet yang lain mempunyai kecepatan sebesar 1 meter / detik dan waktu yang diperlukan saat dia mendahului sebesar 2 detik". Dari situ Bisakah Anda menentukan percepatan yang dilakukan atlet tersebut ketika mendahului atlet yang lainnya.? Tentu saja dengan mudah Anda menjawab Bisa..!!, Mari sama-sama kita cari percepatan yang dilakukannya dengan menggunakan rumus ke 2

Diketahui :

  • Kecepatan atlet saat melakukan percepatan adalah 1 meter / detik.
  • waktu yang diperlukan ketika melakukan percepatan sebesar 2 detik.
a = 1/4 a = 0,25

Maka Percepatan atlet tersebut adalah : 0,25 meter / detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar